Minggu, 22 Maret 2015

Web Dan Jaringan Internet

Web Dan Jaringan Internet



Di Sini kita akan belajar mengenai web, yang dimana di dunia digital ini sudah tidak asing untuk di gunakan.  
Berikut ada istilah-istilah yang ada pada WEB :

Ø  Address bar: Semacam kota kecil tempat penginputan nama domain atau alamat-alamat web lainnya pada browser web.

Ø  Bandwidth: Istilah yang digunakan untuk mengukur kecepatan (jumlah data) yang dikirimkan melalui koneksi internet.

Ø  Blog: Layanan di web yang digunakan untuk menulis jurnal yang biasanya diupdate harian atau mingguan. Blog biasanya digunakan secara cuma-cuma. Tapi ada juga yang berbayar. Melalui blog, kita bisa memposting tulisan-tulisan kita tentang berbagai topik yang membuat kita menarik untuk dibaca oleh publik. Kegiatan mengupdate informasi di blog disebut blogging, sedangkan pemilik blog disebut blogger.

Ø  Browser atau browser web (Web browser) adalah software yang digunakan untuk menelusuri dan menampilkan informasi dari web server, seperti Internet Explorer, Opera, Mozilla Firefox, dan Safari.

Ø  CSS(Cascading Style Sheets): Bahasa yang direkomendasikan W3C (World Wide Web Consortium) untuk mendefiniskan style (seperti jenis, ukuran, warna huruf, dan lain-lain) pada dokumen web.

Ø  Content: Isi sebuah website yang mencakup, teks, gambar, atau media-media lainnya. Content harus dibedakan dari layout. Yang disebut kemudian berhubungan dengan bagaimana sebuah halaman web ditampilkan.

Ø  Download: Transfer file atau informasi dari komputer lain ke komputer kita. Dalam istilah web, download berarti transfer file dari server web ke klien web.

Ø  Domain: Di dunia internet atau web, domain adalah nama yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah alamat komputer.

Ø  FAQ: Kependekan dari Frequently Asked Questions atau “Pertanyaan yang Sering Diajukan”. FAQ merupakan salah satu feature website yang menyajikan daftar jawaban atas pertanyaan yang sering diajukan berkaitan dengan layanan atau penggunaan informasi yang disajikan oleh website tersebut. Membaca FAQ sangat dianjurkan sebelum Anda menelusuri lebih jauh halaman-halaman sebuah web untuk mendapatkan gambaran umum website tersebut.

Ø  FTP: File Transfer Protocol, yaitu protokol yang memungkinkan seseorang mentransfer file dari satu komputer ke komputer lainnya. FTP biasa digunakan untuk menransfer file web kita ke komputer server atau penyedia hosting.

Ø  Favicon: Favicon atau Favorites Icon adalah grafik yang berukuran kecil yang dihubungkan dengan sebuah web. Favicon biasa diletakkan di belakang nama domain sebuah website pada addres bar. File icon ini biasanya berekstensi “.ico”.

Ø  GIF: Graphic Interchange Format. Salah satu format file gambar yang ada pada situs web, digunakan untuk mentransfer file-file grafik ke dan dari layanan-layanan online.

Ø  Hidden text (teks yang disembunyikan) adalah teks yang bisa dibaca oleh search engine, tapi tidak oleh manusia. Teks tersebut tidak bisa dibaca karena memiliki warna yang sama dengan warna latar (background). Oleh kebanyakan search engine, hidden text biasanya dianggap sebagai spam

Ø  Home Page: Halaman pertama dari situs web.

Ø  HTML : HyperText Markup Language. HTML merupakan bahasa yang digunakan untuk mendefinisikan sejumlah bagian dari sebuah dokumen web dalam bentuk tag, sehingga browser dapat mengetaui bagaimana menampilkan dokumen web tersebut yang mencakup, link, text, gambar dan media-media lainnya seperti video dan audio.

Ø  HTTP: Kependekan dari Hypertext Transfer Protocol, yaitu aturan-aturan yang digunakan untuk menghubungkan dan mengirimkan dokumen-dokumen hypertext seperti web.

Ø  Hyperlink: Tanda atau penunjuk ke dokumen lain web Hyperlink sinonim dengan hotlink, anchortext, atau link.

Ø  Hypertext: Dalam dunia web, hypertext adalah teks yang bisa di-klik.

Ø  IP: Kependekan dari Internet Protocol. Protokol yang digunakan untuk mengirim data dalam sebuah jaringan, terutama pada jaringan internet. IP berbentuk bilangan yang terdiri dari empat angka yang dipisahkan dengan titik. Angka-angka tersebut dapat diterjemahkan menjadi nama domain.

Ø  JPEG atau JPG: Joint Photographic Experts Group, yaitu format grafik yang cocok digunakan untuk gambar-gambar dengan banyak warna, seperti photo.

Ø  Link: Koneksi hypertext antar halaman-halaman web. Sinonim dengan hotlink atau hyperlink.

Ø  Meta Data: Meta data adalah data di atas data. Meta data merupakan informasi tentang sebuah web yang sedang aktif. Umumnya digunakan dalam hubungannya dengan optimasi search engine (SEO). Dalam dokumen HTML, meta data diletakkan antara dan tag dan . Pada saat sebuah web ditampilkan pada daftar hasil pencarian sebuah search engine (SERP), meta data akan menyediakan ulasan singkat tentang web yang ditampilkan tersebut.

Ø  URL: Uniform Resource Locator, yaitu alamat dokumen atau sumber-sumber lain di internet. URL menyajikan informasi tentang bagaimana sebuah server serta alamat-alamat file lainnya diakses.

Ø  Upload: Kegiatan mentransfer atau mengirim suatu file ke komputer lain.

Ø  Search engine: Sejenis program yang digunakan untuk mencari dokumen-dokumen di internet berdasarkan kata kunci yang dimasukkan. Search engine yang paling populer saat ini adalah Google dan Yahoo.

Ø  Site: Sinonim dengan halaman web atau website. Dalam bahasa Indonesia, kita sering menyebutnya situs atau situs web.

Ø  Surfing: Kegiatan menelusuri dan mencari informasi dalam internet melalui layanan web

Ø  Surfer: Orang yang melakukan surfing

Ø  Website (web site) merupakan sekumpulan halaman-halaman web (web page), gambar, video atau aset-aset digital lainnya yang disimpan pada satu atau lebih web server, biasanya dapat diakses melalui internet.

Ø  Web Browser: Lihat Browser

Ø  Web Document: Dokumen HTML yang bisa dicari lewat internet.

Ø  Webmaster: Seseorang yang melakukan kegiatan manajeman website untuk memastikan bahwa website tersebut dapat berfungsi dengan baik.

Ø  Web Page: Dokumen HTML yang bisa diakses melalui internet.

Ø  World Wide Web: Atau dikenal juga dengan istilah WWW atau W3 adalah layanan internet berbasis hiperteks yang digunakan untuk menelusuri sumber-sumber di internet.

Ø  Web server yaitu komputer yang dilengkapi dengan software dan fasilitas-fasilitas lainnya untuk mengirimkan halaman-halaman web di internet

Ø  W3C: Kependekan dari World Wide Web Consortium, yaitu badan resmi non-profit yang menyusun aturan-aturan standar untuk teklologi web.

Ø  Wiki: Website yang yang disusun oleh para pembacanya. Para pembaca dipersilahkan untuk mengedit halaman manapun untuk membuat isinya lebih lengkap dan valid. Contoh website jenis ini adalah Wikipedia; ensiklopedia online dalam format wiki

Ø  WYSYWYG: What You See Is What You Get (Apa Yang Anda Lihat, itulah Yang Anda Dapatkan).

Ø  WYSYWYG Editor Program untuk membuat dan mengedit layout, desain atau isi sebuah web tanpa perlu menuliskan kode-kode HTML, seperti FrontPage, Dreamweaver

Fungsi Web

 

Secara umum situs web mempunyai fungsi sebagai berikut:

1.     Fungsi komunikasi
Situs web yang mempunyai fungsi komunikasi pada umumnya adalah situs web dinamis. Karena dibuat menggunakan pemograman web (server side) maka dilengkapi fasilitas yang memberikan fungsi-fungsi komunikasi, seperti web mail, form contact, chatting form, dan yang lainnya.

2.     Fungsi informasi
Situs web yang memiliki fungsi informasi pada umumnya lebih menekankan pada kualitas bagian kontennya, karena tujuan situs tersebut adalah menyampaikan isisnya. Situs ini sebaiknya berisi teks dan grafik yang dapat di download dengan cepat. Pembatasan penggunaan animasi gambar dan elemen bergerak sepertio shockwave dan java diyakini sebagai langkah yang tepat, diganti dengan fasilitas yang memberikan fungsi informasi seperti news, profile company, library, reference,dll.

3.     Fungsi entertainment
Situs web juga dapat memiliki fungsi entertainment/hiburan. Bila situs web kita berfungsi sebagai sarana hiburan maka penggunaan animasi gambar dan elemen bergerak dapat meningkatkan mutu presentasi desainnya, meski tetap harus mempertimbangkan kecepatan downloadnya. Beberapa fasilitas yang memberikan fungsi hiburan adalah game online, film online, music online, dan sebagainya.

4.     Fungsi transaksi
Situs web dapat dijadikan sarana transaksi biisnis, baik barang, jasa, atau lainnya. Situs web ini menghubungkan perusahaan, konsumen, dan komunitas tertentu melalui transaksi elektronik. Pembayarannya bisa menggunakan kartu kredit, transfer, atau dengan membayar secara langsung.

Selanjutnya disini kita akan membahas tentang Domain.

Berbagai Macam Domain

Ø  Domain ( domain name) mempunyai beberapa jenis yang dapat dikategorikan sebagai berikut :
Ø  Domain Indonesia , terdiri dari
Ø  .co.id untuk perusahaan
Ø  .ac.id untuk akademi setara perguruan tinggi / universitas
Ø  .sch.id untuk sekolah
Ø  .go.id untuk instansi pemerintah
Ø  .mil.id untuk instansi pemerintah
Ø  .web.id untuk perorangan atau pribadi
Ø  .or.id untuk organisasi

Domain TLD ( Top Level Domain ) terdiri dari :
Ø  .Com : digunakan untuk kepentingan komersial atau perusahaan.
Ø  .Net : di gunakan untuk kepentingan network infrastruktur.
Ø  .Org : di gunakan untuk kepentingan organisasi.
Ø  .Edu : digunakan untuk kepentingan pendidikan dan pengetahuan.
Ø  .Info : digunakan untuk kepentingan informasional website.
Ø  .Gov : digunakan untuk kepetingan pemerintahan dan kementerian suatu Negara.
Ø  .Mil : digunakan untuk kepentingan pertahanan Negara dan militer.

Pengertian Jaringan Komputer


Jaringan (network) adalah sebuah sistem operasi yang terdiri atas sejumlah komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuam yang sama atau suatu jaringan kerja yang terdiri dari titik-titik (nodes) yang terhubung satu sama lain, dengan atau tanpa kabel. Masing-masing nodes berfungsi sebagai stasiun kerja (workstations). Salah satu nodes sebagai media jasa atau server, yaitu yang mengatur fungsi tertentu dari nodes lainnya. Pada dasarnya teknologi jaringan komputer itu sendiri merupakan perpaduan anatara tenologi komputer dan juga teknologi komunikasi.

Tujuan dari jaringan komputer:
  1. Jaringan memungkinkan manajemen sumber daya lebih efisien: Misalnya, banyak pengguna dapat saling berbagi printer tunggal dengan kualitas tinggi, dibandingkan memakai printer kualitas rendah di masing-masing meja kerja. Selain itu, lisensi perangkat lunak jaringan dapat lebih murah dibandingkan lisensi stand-alone terpisah untuk jumlah pengguna sama, serta berbagi pemakaian CPU, Memori, dan Harddsik.
  2. Jaringan membantu mempertahankan informasi agar tetap andal dan up-to-date: Sistem penyimpanan data terpusat yang dikelola dengan baik memungkinkan banyak pengguna mengaskses data dari berbagai lokasi yang berbeda, dan membatasi akses ke data sewaktu sedang diproses.
  3. Jaringan membantu mempercepat proses berbagi data (data sharing). Transfer data pada jaringan selalu lebih cepat dibandingkan sarana berbagi data lainnya yang bukan jaringan.
  4. Jaringan memungkinkan kelompok-kerja berkomunikasi dengan lebih efisien. Surat dan penyampaian pesan elektronik merupakan substansi sebagian besar sistem jaringan, disamping sistem penjadwalan, pemantauan proyek, konferensi online dan groupware, dimana semuanya membantu team bekerja lebih produktif.
  5. Jaringan membantu usaha dalam melayani klien mereka secara lebih efektif. Akses jarak-jauh ke data terpusat memungkinkan karyawan dapat melayani klien di lapangan dan klien dapat langsung berkomunikasi dengan pemasok.
Agar dapat mencapai tujuan yang sama, setiap bagian dari jaringan komputer meminta dan memberikan layanaan (service). Pihak yang meminta layanan disebut  klien (client) dan yang memberikan layanan disebut pelayanan (server). Arsitektur ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.

Keuntungan utama yang langsung terasa dari network sharing itu adalah, Internet yang mendunia, karena pada hakikatnya Internet itu  sendiri  adalah  serangkaian  komputer (ribuan bahkan jutaan komputer) yang saling terhubung satu sama lain. Berevelusi dan berkembang dari waktu ke waktu, sehingga membentuk satu jaringan kompleks seperti yang kita rasakan sekarang ini.
Keuntungan lain dilihat dari sisi internal network adalah :
  1. Resource Sharing, dapat menggunakan sumberdaya yang ada secara bersama-sama. Misal seorang pengguna yang berada 100 km jauhnya dari suatu data, tidak mendapatkan kesulitan dalam menggunakan data tersebut, seolah-olah data tersebut berada didekatnya. Hal ini sering diartikan bahwa jaringan komputer mangatasi masalah jarak.
  2. Reliabilitas tinggi, dengan jaringan komputer kita akan mendapatkan reliabilitas yang tinggi dengan memiliki sumber-sumber alternatif persediaan. Misalnya, semua file dapat disimpan atau dicopy ke dua, tiga atu lebih komputer yang terkoneksi kejaringan. Sehingga bila salah satu mesin rusak, maka salinan di mesin yang lain bisa digunakan.
  3. Menghemat uang, Komputer berukutan kecil mempunyai rasio harga/kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan komputer yang besar. Komputer besar seperti mainframe memiliki kecapatan kira-kira sepuluh kali lipat kecepatan komputer kecil/pribadi. Akan tetap, harga mainframe seribu kali lebih mahal dari komputer pribadi. Ketidakseimbangan rasio harga/kinerja dan kecepatan inilah membuat para perancang sistem untuk membangun sistem yang terdiri dari komputer-komputer pribadi.
  4. Hardware sharing, Bagi pakai hardware secara bersama-sama. Dengan adanya fasilitas jaringan kemudian menggunakan alat yang bernama printer server. maka sebuah printer laser berwarna yang mahal sekali harganya dapat dipakai secara bersama-sama oleh 10 orang pegawai. Begitu pula halnya dengan scanner, Plotter, dan alat-alat lainnya.
  5. Keamanan dan pengaturan data, komputer dalam sebuah lingkungan bisnis, dengan adanya jaringan tersebut memungkinkan seorang administrator untuk mengorganisasi data-data kantor yang paling penting. Dari pada setiap departemen menjadi terpisah-pisah dan data-datanya tercecer dimana-mana. Data penting tersebut dapat di manage dalam sebuah server back end untuk kemudian di replikasi atau dibackup sesuai kebijakan perusahaan. Begitu pula seorang admin akan dapat mengontrol data-data penting tersebut agar dapat diakses atau di edit oleh orang-orang yang berhak saja.
  6. Ke-stabilan dan Peningkatan performa komputasi, Dalam kondisi tertentu, sebuah jaringan dapat digunakan untuk meningkatkan performa keseluruhan dari aplikasi bisnis, dengan cara penugasan komputasi yang di distribusikan kepada beberapa komputer yang ada dalam jaringan.
Berbagai keuntungan dari media-media jaringan telah panjang lebar dijelaskan diatas, akan tetapi kerugian belum disinggung sama sekali. Jaringan dengan berbagai keunggulannya memang sangat membantu sekali kerja dalam suatu perusahaan. Tetapi kerugiannya juga banyak apabila tidak di sadari dari awal. Berikut beberapa kerugian dari implementasi jaringan  :
  1. Biaya yang tinggi kemudian semakin tinggi lagi. pembangunan jaringan meliputi berbagai aspek: pembelian hardware, software, biaya untuk konsultasi perencanaan jaringan, kemudian biaya untuk jasa pembangunan jaringan itu sendiri. Infestasi yang tinggi ini tentunya untuk perusahaan yang besar dengan kebutuhan akan jaringan yang tinggi. Sedangkan untuk pengguna rumahan biaya ini relatif kecil dan dapat ditekan. Tetapi dari awal juga network harus dirancang sedemikian rupa sehingga tidak ada biaya overhead yang semakin membengkak karena misi untuk pemenuhan kebutuhan akan jaringan komputer ini.
  2. Manajemen Perangkat keras Dan Administrasi sistem : Di suatu organisasi perusahaan yang telah memiliki sistem, administrasi ini dirasakan merupakan hal yang kecil, paling tidak apabila dibandingkan dengan besarnya biaya pekerjaan dan biaya yang dikeluarkan pada tahap implementasi. Akan tetapi hal ini merupakan tahapan yang paling penting. Karena Kesalahan pada point ini dapat mengakibatkan peninjauan ulang bahkan konstruksi ulang jaringan. Manajemen pemeliharaan ini bersifat berkelanjutan dan memerlukan seorang IT profesional, yang telah mengerti benar akan tugasnya. Atau paling tidak telah mengikuti training dan pelatihan jaringan yang bersifat khusus untuk kebutuhan kantornya.
  3. Sharing file yang tidak diinginkan : With the good comes the bad, ini selalu merupakan hal yang umum berlaku (ambigu), kemudahan sharing file dalam jaringan yang ditujukan untuk dipakai oleh orang-orang tertentu, seringkali mengakibatkan bocornya sharing folder dan dapat dibaca pula oleh orang lain yang tidak berhak. Hal ini akan selalu terjadi apabila tidak diatur oleh administrator jaringan.
  4. Aplikasi virus dan metode hacking : hal-hal ini selalu menjadi momok yang menakutkan bagi semua orang, mengakibatkan network down dan berhentinya pekerjaan. Permasalahan ini bersifat klasik karena system yang direncanakan secara tidak baik. Masalah ini akan dijelaskan lebih lanjut dalam bab keamanan jaringan.
  5. Berikut grafik yang menjelaskan prosentase penggunaan berbagai tipe media yang mendukung jaringan komputer beserta keuntungan dan kerugian dari masing-masing media / backbone tersebut.


1.       Jenis Jaringan Berdasarkan Metode Distribusi Data
   a.         Jaringan terpusat (host based network)
Jaringan terpusat terdiri atas beberapa komputer terminal yang terhubung ke komputer induk (host). Komputer induk berisi data dan aplikasi dan melaksanakan hampir semua pengolahan data. Terminal dalam jaringan terpusat dapat berupa dumb terminal (terminal bisu), yaitu terminal yang tidak memiliki alat pemroses data. Contoh dumb terminal adalah sebuah monitor yang terhubung secara fisik dengan komputer induk.
   b.        Jaringan terdistribusi (distributed network)
Jaringan terdistribusi terdiri atas beberapa komputer induk yang terhbung dengan berbagai terminal. Jaringan terdistribusi secara fisik dapat dibentuk dari penggabungan jaringan terpusat.

2.      Jenis Jaringan Berdasarkan Hubungan Fungsional Komputer dalam Pemrosesan Data
   a.       Jaringan client-server
Terdiri atas sebuah server atau lebih yang terhubung dengan beberapa komputer client. Server berperan menyediakan layanan seperti pengaksesan file, periferal, maupun database.
   b.    Jaringan peer to peer
Terdiri atas beberapa terminal yang saling terhubung. Prinsip jaringan ini adalah bahwa setiap komputer dalam jaringan dapat berfungsi sebagai penyedia layanan (server) sekaligus client.


3.      Jenis Jaringan Berdasarkan Jangkauan Wilayah
   1.    LAN (Locak Area Network)

Merupakan jaringan yang terbatas di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran pendek. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama fasilitas atau kemampuan (resouce, misalnya printer) dan saling bertukar informasi.

   2.    MAN (Metropolitan Area Network)

Pada dasarnya MAN sama seperti LAN akan tetapi ukurannya lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. Biasanya MAN terdapat pada kantor-kantor. perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel.

   3.    WAN (Wide Area Network)

Merupakan suatu jaringan yang terdiri atas dua ataupun lebih komputer dalam suatu area yang luas dan dihubungkan dengan fasilitas komunikasi seperti misalnya sistem telepon ataupun pemancar gelombang-mikro. Bentuk ini biasanya digunakan oleh perusahaan besar ataupun departemen pemerintahan. merupakan jaringan yang jangkauannya daerah yang luas, yaitu negara hingga benua.

   4.    INTERNET

Internet adalah kumpulan jaringan yang terinterkoneksi, yang menggunakan perangkat keras atau lunak yang berbeda-beda. Dengan menggunkan mesin gateway guna melakukan hubungan dan melaksanakan terjemahan yang diperlukan baik keras maupun lunak. Sehingga siapapun dapat berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya.

   5.    WIRELES

Sebuah jaringan tanpa kabel dengan memanfaatkan jasa satelit dan mampu memberikan kecepatan akses yang lebih cepat. Otomatis hal ini sangat menguntungkan bagi pengguna jaringan jika ingin melakukan komunikasi atau hanya sekedar browsing saja.

4.      Jenis Jaringan Berdasarkan Metode Koneksinya
   a.       Jaringan Bekabel
Jaringan yang menggunkan kabel untuk menghubungkan anggota jaringan. Kabel yang biasa digunakan adalah kabel koaksial, twisted pair yang meliputi kabel UTP dan kabel STP, serta optic (FO = Fiber Optic)
   b.      Jaringan Nirkabel
Jaringan yang menggunakan gelombang radio untuk koneksi antar anggota jaringan. Salah satu teknologi yang digunakan adalah teknologi WiFi (Wireless fidelity)



5.      Jenis Jaringan Berdasarkan Topologi
   1. Topologi Ring


 Kelebihan Topologi Ring
   • Menghubungkan secara langsung dua perangkat dalam jaringan.
   • Identifikasi kerusakan mudah karena sinyal data selalu bergerak lurus dari perangkat pengirim sampai perangkat tujuan.
   • Dalam proses instalasi dan rekonfigurasi secara fisik maupun ligik mudah karena terhubung satu dan      hanya satu dengan oerangkat lainnya.

Kekurangan Topologi Ring
   • Sinyal akan semakin melemah apabila jarak yang di tempuh untuk mencapai tujuan semakin jauh.
   • Untuk mengatasinya maka dilengkapi repeater.
   • Tidak berfungsinya satu link akan mempengaruhi link lainnya.

   2. Topologi Bus

Kelebihan Topologi Bus
   • Topologi yang banyak di gunakan di awal penggunaan jaringan computer karena topologi yang paling sederhana di banding dengan topologi lainnya.
   • Komputer di hubungkan antara satu dengan lainnya dengan membentuk seperti barisan melalui satu single kabel.

Kekurangan Topologi Bus
   • Hanya satu computer yang dapat mengirimkan data yang berupa sinyal elektronik ke semua computer dalam jaringan tsb,dan di terima oleh satu computer yang di tuju.
   • Oleh karena hanya satu computer saja yang dapat mengirimkan data dalam satu saat jumlah computer sangat berpengaruh dalam unjuk kerja.
   • Semakin banyak jumlah computer semakin banyak computer akan menunggu giliran untuk bias mengirim data dan efeknya untuk kerja jaringan akan menjadi lambat.
   • Sinyal yang di kirimkan oleh satu computer akan di kirim keseluruh jaringan dari ujung satu sampai ujung lainnya.
   • Jika kabel terputus maka semua jaringan computer terganggu dan tidak bias berkomunikasi satu dengan yang lainnya.

   3. Topologi Mesh

Adalah suatu bentuk hubungan antar perangkat dimana setiap perangkat terhubung secara langsung dengan perangkat lainnya yang ada di dalam jaringan.

Kelebihan Topologi Mesh
   • Dapat berkomunikasi langsung dengan perangkat tujuan.
   • Data dapat di kirim langsung ke computer tujuan tanpa harus melalui computer lainnya lebih cepat.Satu link di gunakan kusus untuk berkomunikasi dengan computer yang di tuju.
   • Memiliki sifat Robust, yaitu Apabila terjadi gangguan pada koneksi komputer A dengan komputer B karena rusaknya kabel koneksi (links) antara A dan B, maka gangguan tersebut tidak akan mempengaruhi koneksi komputer A dengan komputer lainnya.
   • Mudah dalam proses identifikasi permasalahan pada saat terjadi kerusakan koneksi antar komputer.

Kekurangan Topologi Mesh
   • Setiap perangkat harus memiliki I/O port. Butuh banyak kabel sehingga butuh banyak biaya.
   • Instalasi dan konfigurasi lebih sulit karena computer yang satu dengan yang lain harus terkoneksi secara langsung.

   4. Topologi Star

Kelebihan Topologi Star
   • Topologi star tidak langsung terhubung satu sama lain tetapi melalui perangkat pusat pengendali yang di sebut HUB.
   • Kabel yang di butuhkan hanya sebanyak computer dalam jaringan dan I/O cukup hanya satu di setiap computer,kabel link dan port I/O lebih sedikit dan biaya lebih sedikit dari pada topologi mesh.
   • Memiliki sifat robustness yaitu jika satu link rusak maka hanya pada computer yang berada pada link tsb.

Kelemahan Topologi Star
   • Kondisi HUB harus tetap dalam kondisi baik, kerusakan HUB berakibat lumpuhnya seluruh link dalam jaringan sehingga computer tidak dapat saling berkomunikasi.

   5. Topologi Tree(pohon)

Kelebihan Topologi Tree
   • Seperti topologi star perangkat terhubung pada pusat pengendali /HUB.
   • Tetapi HUB dibagi menjadi dua,central HUB,dan secondary HUB
   • Topologi tree ini memiliki keunggulan lebih mampu menjangkau jarak yang lebih jauh dengan mengaktifkan fungsi Repeater yang dimiliki oleh HUB.

Kelemahan Topologi Tree
   • Kabel yang digunakan menjadi lebih banyak sehingga diperlukan perencanaan yang matang dalam pengaturannya , termasuk di dalamnya adalah tata letak ruangan.

   6. Topologi Extended Star 

Topologi Extended Star merupakan perkembangan lanjutan dari topologi star, karakteristiknya tidak jauh berbeda dengan topologi star.

Kelebihan Topologi Extended Star
   • Jika satu kabel sub node terputus maka sub node yang lainnya tidak terganggu, tetapi apabila central node terputus maka semua node disetiap sub node akan terputus

Kekurangan Topologi Extended Star
   • Tidak dapat digunakan kabel yang “lower grade” karena hanya menghandel satu traffic node, karena untuk berkomunikasi antara satu node ke node lainnya membutuhkan beberapa kali hops.

C.  Protokol Jaringan Komputer

Protokol merupakan suatu rule atau aturan main yang mengatur komunikasi data.
   1.TCP/IP (Transmission Control Protokol / Internet Protocol)
Merupakan sekumpulan protokol yang merupakan fungsi komunikasi data antar komputer dalam sebuah LAN / WAN. Semua layanan protocol mempunyai fungsi masing-masing.
   2.FTP (File Transfer Protokol)
Layanan protokol anatr komputer yang dapat saling mengirim file baik berupa teks maupun gambar.
   3.HTTP (Hypertext Transfer Protokol)
Protokol yang dipergunakan untuk menstransfer dokumen dalam World Wide Web (WWW). Protokol ini adalah protokol ringan, tidak berstatus dan generik yang dapat dipergunakan berbagai macam tipe dokumen.
   4.SMTP (Simple Mail Transfer Protokol)
Salah satu protokol yang umum digunakan untuk pengiriman surat elektronik di internet.

D.  Perangkat Keras Jaringan Komputer

   1. Terminal
Terdapat lima jenis terminal dan terminal keyboard adalah terminal yang umum dan paling populer.
         1.Terminal Keyboard
Terminal Keyboard adalah terminal input yang sangat popular diantara pemakai komputer. User dapat menggunakan keyboard untuk mengentri data, memberikan intruksi tertentu untuk menerbitkan laporan dsb.

         2.Terminal Telephone Tombol
Komputer juga dapat dilengkapi dengan alat respon audio. Dapat mengirimkan pesan yang dapat didengar oleh pemakai di telephone tombol. Penekanan tombol digunakan untuk mengirimkan data dan intruksi ke komputer.

         3.Terminal Titik Penjualan (Point of Sale)
Kita juga dapat melihat bagaimana pembaca character optik digunakan pada pasar swalayan. Terminal ini menyediakan cara memasukan data transaksi ke dalam database pada saat penjualan (point of sale). Karena alasan tersebut terminal ini dinamakan terminal Point of Sale (POS).

         4.Terminal Pengumpul Data
 Suatu jenis khusus terminal dirancang untuk digunakan oleh pekerja pabrik. Alat yang dikenal sebagai terminal pengumpul data (Data Collection Terminal) digunakan untuk mengumpulkan data dan menjelaskan kehadiran dan kinerja kerja pegawai. Alat OCR digunakan untuk membaca charakter dan dokumen yang menyertai pekerjaan yang berjalan di dalam pabrik.

         5.Terminal khusus
Terminal yang dirancang khusus untuk keperluan tertentu seperti cash register yang dilengkapi dengan tombol-tombol khusus. Satu tombol untuk satu jenis penjual.
  
   2. NIC (Network Interface Card)

Kartu jaringan atau LAN card dipasang pada setiap komputer yang akan dihubungkan ke suatu jaringan computer. Banyak jenis dan merk kartu jaringan yang tersedia di pasar, namun beberapa hal pokok yang perlu diketahui dari kartu jaringan yaitu type kartu ISA atau PCI dengan kecepatan 10 atau 10/100 Mbps, harus disesuaikan dengan tipe Ethernet HUB atau switching yang akan digunakan, jenis protocol dan jenis kabel yang didukungnya disamping itu juga mengesampingkan kwalitas produk. Komputer jenis terbaru tidak dilengkapi dengan slot ISA bahkan Network Interface umumnya merupakan Onboard system artinya sudah tersedia pada mainboard sehingga tidak perlu lagi dipasang Lan Card.

Sesuai dengan besarnya tingkat kebutuhan akan jaringan komputer, sudah banyak mainboard komputer jenis terbaru dilengkapi kartu jaringan secara on board. Kwalitasnya bagus namun penulis berpendapat lebih baik  menggunakan kartu jaringan yang terpisah. Salah satu keuntungannya adalah dapat memilih merk tertentu dan mudah diganti apabila terjadi kerusakan.


Dikutip dengan tambahan dari :
-Buku
  S. Jarot dan Sudarma . 2012. Buku Super Pintar Internet . Jakarta : Mediakita.
William Stallings. 2002. Komunikasi data dan computer: jaringankompuer, Jakarta: salembaTeknika.

-Internet
Fahman, Abdullah.Jaringan Komputer.22 Maret 2015 13.00 WIB
Rizki, Fauziah.Jenis-Jenis Jaringan.22 Maret 2015 13.00 WIB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar